Menghemat Baterai pada Android

Menghemat Baterai pada Android

Salah satu kelemahan ponsel yang menggunakan system operasi Android adalah ponsel tersebut sangat rakus terhadap baterai. Sehingga mau tidak mau kita harus sering mengisi baterai, dan bisa jadi hal ini sangat mengganggu terutama jika kita sering berada di luar.

Lantaran karena sifat Android yang selalu connect dengan internet itulah sehingga menguras energy baterai. Namun dengan trik dan tips tertentu maka daya tahan baterai tersebut bisa lebih awet 50 persen. Tips untuk menghemat baterai Android adalah sebagai berikut:

1. Mengelola jaringan wireless. Karena sangat menyedot daya baterai maka sebaiknya kita tidak mengaktifkan seluruh konektivitas yang tersedia pada ponsel secara bersamaan. Konektivitas itu adalah Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth. Selain itu jika sudah tidak digunakan lagi sebaiknya dinonaktifkan saja.

2. Menyetel tingkat kecerahan layar. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar akan semakin menguras energi baterai. Karena itu dengan mengurangi tingkat kecerahan maka akan menghemat energy baterai. Pada tipe-tipe ponsel tertentu dengan tingkat kecerahan paling minimal sekalipun layar masih terlihat jelas.

3. Menggunakan salah satu notifikasi. Bila ada email, SMS atau panggilan masuk ke ponsel kita, sebaiknya tidak perlu menggunakan dua notifikasi sekaligua, yaitu nada dering dan nada getar. Gunakan salah satu dari dua fitur tadi, suara atau getar saja supaya baterai lebih hemat.

4. Hanya mengaktifkan email yang penting saja. Terkecuai anda adalah orang yang sangat penting sehingga memiliki lima akun email dan semuanya harus aktif, maka sebaiknya Anda memilih satu saja email mana yang paling sering digunakan dan akan diaktifkan sepanjang hari. Sebab semakin banyak aplikasi, seperti email, live streaming, radio, atau jejaring sosial yang aktif dalam waktu bersamaan, maka semakin besar pula daya baterai yang dihabiskan.

5. Matikan aplikasi yang tidak perlu. Android adalah OS yang multitasking dan network based, sehingga banyak sekali fitur yang berjalan di belakang layar. Fitur ini dipakai oleh Android Market dan aplikasi yang membutuhkan koneksi terus menerus walaupun aplikasi tidak berjalan. Untuk menghemat energy tentu saja aplikasi yang tidak kita butuhkan harus dihentikan. Seperti fitur GPS, 3G Network/HSDPA, Background Data & AutoSync dan baru diaktifkan saat dibutuhkan.

http://technual.blogspot.com/2011/07/menghemat-baterai-android.html

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: