Rabi bin Khutsaim

Dahulu kala, ada sekelompok penumbang kebenaran hendak menggoda seorang ahli ibadah dan zuhud, Rabi bin Khutsaim.
Mereka menjalankan rencana dengan pergi kepada seorang perempuan tuna susila dan memberinya seribu dinar. Perempuan itu terkejut dan bertanya angin apa yang membawa mereka untuk memberikan uang sebanyak itu. Mereka menjawab,”Itu upahmu untuk satu cumbuan yang harus kaudapatkan dari Rabi bin Khutsaim.
Perempuan itupun sangat gembira. Ia berkata,”Bahkan, bukan itu saja. Kalian juga akan mendapatkan bonus lebih. Kupastikan ia dapat tidur denganku.”
Maka mulailah perempuan itu menuju kediaman Rabi bin Khutsaim, ahli zuhud. Setelah ia melepaskan seluruh pakaiannya dan rasa malunya, ia mulai menggoda Rabi bin Khutsaim. Rabi bin Khutsaim langsung berdiri dan berkata,”Apa yang kamu lakukan wahai hamba Allah jika malaikat kematian menjemputmu detik ini juga hingga nadimu takkan tersambung kembali? Bagaiman keadaanmu nanti pada saat malaikat Munkar dan Nakir mengujimu? Apa yang kamu lakukan ketika kamu berdiri di depan Tuhwn Sang Mahaagung dan mulia? Atau bagaimana keadaanmu pada hari ketika kamu dilemparkan ke dalam neraka Jahim karena kamu tetap tidak gegas untuk bertobat?”
Perempuan itu terperanjat dengan kata-kata tajam dari Rabi bin Khutsaim. Ia pun segera keluar dari kediaman Rabi bin Khutsaim dan berubah menjadi seorang perempuan yang amat sering bertobat, ahli puasa, ahli shalat malam hingga pada masa itu masyarakat menjulukinya sebagai seorang perempuan ahli ibadah dari Kufah.
Para pelaku penjerumusan yang mengirimkan perempuan tadi kepada Rabi bin Khutsaim itu hanya bisa menggigit jari seraya berkata,”Sebenarnya, kami berniat untuk menghancurkan Rabi bin Khutsaim dengan memanfaatkan perempuan tersebut, namun kami telah dikalahkan olehnya dengan bersenjatakan perempuan yang sama.”

Dikutip dari buku “Ensiklopedi Akhlak Muhammad SAW” karya Mahmud al-Mishri hal. 237

,

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: