Pandangan Imam Hasan al-Banna tentang Dibolehkannya Taklid

Imam Hasan al-Banna berprinsip bahwa bagi setiap muslim yang belum sampai pada tingkatan sanggup mengkaji dalil dari hukum-hukum syariat hendaknya ia mengikuti salah seorang imam dari para imam yang ada. Dan sebaiknya ia berusaha untuk mencarivtahu dalilnya sebatas kemampuannya serta menerima semua petunjuk atau nasehat yang disertai dengan dalilnya selama ia memandang orang yang menasehatinya itu memiliki kapabilitas dan keahlian dalam hal yang dinasehatkannya. Dan bagi seorang alim hendaknya ia melengkapi kekurangan yang dimilikinya dalam bidang keilmuannya hingga ia bisa mencapai tingkatan an-nazhr (sanggup mengkaji hukum-hukum syariat)

Demikianlah Imam Hasan al-Banna berpandangan untuk tidak menjadikan taklid dan bermazhab sebagai suatu kewajiban dan juga tidak menjadikannya sebagai suatu yang diharamkan. Menurut beliau taklid dan bermazhab adalah sesuatu yang mubah dan dibolehkan oleh syariat. Namun meski demikian,  hal itu tidak berlaku bagi semua manusia, akan tetapi hanya dibolehkan bagi orang yang awam sekali dan yang serupa dengan mereka, yang tidak memiliki keahlian dalam mengkaji dalil-dalil hukum atau kemampuan untuk menyimpulkan hukum dari Al-Qur’an dan sunnah, tidak mengetahui ijma’ dan qiyas atau dalil lainnya yang didasarkan pada dalil-dalil pokok tersebut. Contohnya istishlah (mengambil dalil dengan mempertimbangkan al-mashlahah al-mursalah), istihsan, ‘urf dan istishab, syar’u man qablana (syariat dari umat sebelum kita) dan seterusnya.

Sumber:
Buku “Bagaimana Berinteraksi dengan Peninggalan Ulama Salaf” karya Dr. Yusuf Al-Qaradhawi hal. 100 penerbit Pustaka Al-Kautsar, 2003

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: