Satu Ayat Banyak Tafsir

Ayat-ayat Al-Qur’an terutama dalam masalah hukum akan terbagi menjadi dua bagian yaitu ayat-ayat yang bersifat qath’i (pasti) dan zhanni (multi tafsir). Dalam hal ini kami beri beberapa contoh mengenai ayat-ayat yang bersifat zhanni dimana akan menghasilkan banyak penafsiran di bidang hukum Islam.

1. “Wanita-wanita yang ditalak hendaklah menahan diri (menunggu) tiga kali quru“. (Al-Baqarah: 228)

Menurut imam Abu Hanifah dan pengikutnya, iddah (masa menunggu) bagi wanita yang ditalak adalah tiga kali haid yang diselingi dua kali suci. Sedangkan menurut imam Syafi’i dan pengikutnya, iddah wanita yang ditalak adalah tiga kali suci yang diselingi dua kali haid. Penyebab perbedaan pendapat ini adalah lafazh alqur’u yang dalam bahasa arab mempunyai dua makna, yaitu masa suci dan masa haid. Karenanya, masing-masing mujtahid tersebut berpendapat dengan didasarkan indikator-indikator yang kiat menurut mereka masing-masing yang bisa membantu memahami pendapat yang mereka pegangi itu.

2. “Dan usaplah kepala kalian.” (Al-Ma’idah: 6)

Menurut imam Malik yang wajib diusap adalah seluruh rambut kepala. Menurut imam Syafi’i yang wajib diusap hanya sebagiannya saja. Sedangkan menurut imam Abu Hanifah yang wajib diusap hanya seperempatnya saja. Adapun penyebab perbedaan pendapat itu adalah huruf ba‘ yang terdapat pada ayat tersebut ‘bi ru ‘usikum‘ dalam bahasa arab mempunyai dua arti: alilshaq (menempelkan) dan athtab’idh (bagian). Menurut mereka yang memahami bahwa huruf ba‘ tersebut bermakna alilshaq (menempelkan), mereka mewajibkan mengusap seluruh kepala. Sedangkan mereka yang memahami bahwa huruf ba’ tersebut bermakna athtab’idh (bagian), mereka mewajibkan mengusap sebagian kepala.

Sumber:

Buku “Ijtihad dalam Syariat Islam” karya Syaikh Abdul Wahab Khallaf hal. 45-46.

Advertisements
  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: